Selasa, 27 April 2010

AMD Siapkan Jajaran Processor Athlon & Phenom Yang Lebih Hemat Energi

Beberapa waktu yang lalu setelah AMD membuat pengenalan resmi prosesor server 8-core dan 12-corenya, tampaknya tidak ada niat untuk bersantai sejenakpun sejauh ini.Sebaliknya, produsen CPU dan GPU ini malah berencana untuk menghadirkan seperangkat seri CPU-nya ke pasaran dalam waktu dekat ini. Chip-chip terbaru tersebut nantinya yang akan dihadirkan belum tentu model yang terbarunya, melainkan mengoptimisasikan atau lebih mengefisienkan versi chip yang sudah ada. Dan secara khusus, AMD akan meluncurkan penyegaran bagi jajaran Athlon II dan Phenom II.




Fudzilla melaporkan bahwa Advanced Micro Devices kini tengah bersiap-siap untuk meluncurkan seperangkat CPU dual-core dan triple-core terbaru dalam seri Athlon II. Athlon II X2 260 dan Athlon II X2 220 memiliki kecepatan clock 3.2GHz dan 2.8 GHz masing-masing, serta tenaga desain termal (TDP) sebesar 65W.

Versi triple-core juga ada dua. Athlon II X3 445 akan menjadi yang tercepat sampai saat ini, dengan frekuensi 3.1GHz dan TDP 95W. Prosesor triple-core lainnya yang dikenal sebagai 415e dan akan berjalan di 2.5GHz sementara hanya mengkonsumsi 45W saja.

Di lain pihak pada chip Phenom II mendatang, beberapa telah diungkapkan oleh laporan sebelumnya yaitu 805 dan 820, yang kedua-duanya mengkonsumsi 95W, dan kecepatannya mencapai 2.5GHz dan 2.8GHz masing-masing. Desas-desus apa yang sebelumnya tidak terungkap adalah tentang kabarnya AMD berniat untuk meluncurkan versi terbaru dari quad-core Phenom II X4 955 yang dikenal sebagai HDX955WFK4DGM tersebut.

Prosesor tersebut kemungkinan besar tidak akan memiliki frekuensi yang lebih tinggi dari unit yang ada saat ini, melainkan akan mengkonsumsi 95W dan bukan 125W. Dan yang jelas, dengan begitu merupakan peningkatan signifikan dalam efisiensi, yang kemungkinan alasan mengapa produsen tersebut juga akan memperkenalkan chip three-corenya dengan TDP yang sama, yaitu 3.0 GHz Phenom II X3 740 dan 2.8GHz 715.

Namun demikian, sayangnya tanggal peluncuran dan harga yang tepat dari chip-chip tersebut masih diliputi misteri hingga saat ini. Dan untuk lebih jelasnya, Kita lihat saja nanti perkembangannya.

sumber: beritateknologi.com

0 komentar:

Posting Komentar