Selasa, 30 November 2010

Algoritma menggambar garis pada grafik komputer

Menggambar GARIS

1. Input 2 endpoints, simpan endpoints kiri sebagai (x0, y0).

2. Panggil frame buffer (plot titik pertama)

3. Hitung konstanta ∆x, ∆y, 2∆y, 2∆y–2∆xdan nilai awal parameter keputusan p0= 2∆y –∆x

4. Pada setiap xk sepanjang garis, dimulai dari k=0, ujilah :

Jika pk<>

plot(xk+1, yk) dan (negatif)

pk+1= pk+ 2∆y

Jika tidak maka

plot (xk+1, yk+1) dan (positif)

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

5. Ulangi tahap 4 ∆xkali

Contoh soal:

Hitunglah posisi piksel hingga membentuk sebuah garis yang menghubungkan titik (8,6) dan (15,12) !

jawab :


1.(x0, y0) =(8,6)

2.x = 15-8=7

y = 12-6=6

2y =2(6)=12

2y–2x =12-2(7)=-2

3.p0= 2y –x = 12-7=5


K

Pk

(Xk+1,Yk+1)

0

5

(9,7)

1

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

5+(-2)=3

(10,8)

2

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

3+(-2)=1

(11,9)

3

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

1+(-2)=-1

(12,9)

4

pk+1= pk+ 2∆y

-1+12=11

(13,10)

5

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

11+(-2)=9

(14,11)

6

pk+1= pk+ 2∆y -2∆x

9+(-2)=7

(15,12)

0 komentar:

Posting Komentar